Rabu, 28 Januari 2015

SMPN 1 Saketi Pandeglang

Selamat datang jendela informasi terkini. Pada kesempatan ini saya akan membahas informasi SMPN 1 Saketi Pandeglang. 

SMPN 1 Saketi Pandeglang

http://asikinjaenal.blogspot.com/2015/01/smpn-1-saketi-pandeglang.html


Langsung ke pokok pembahasan saja ya, kalau di cerita masa ini terlau banyak cerita untuk di ungkapkan. 

Sejarah Singkat SMPN 1 Saketi

Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Negeri 1 Saketi adalah sekolah Lanjutan Pertama  Induk Tertua di Kecamatan Saketi yang didirikan pada tahun 1967. Pendirian Sekolah ini berawal dari keinginan dan harapan masyarakat Saketi yang sangat besar bahwa di sekitar Kecamatan Saketi ada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama yang pada waktu itu belum ada baik SMP maupun Madrasah Tsanawiyah. Harapan masyarakat tersebut diapresiasi penuh oleh tokoh masyarakat Kecamatan Saketi terutama Para Tokoh Pendidikan waktu itu, diantaranya Bpk. A.Hasbullah( Alm ) ,Bpk. Rais Suprihatna ( Alm ) yang waktu itu sebagai guru dan Kepala Sekolah Dasar Saketi.

Dengan usaha yang gigih memperjuangkan berdirinya Sekolah Lanjutan di Saketi, akhirnya terwujudlah SMP Saketi dengan status Filial dari SMP Negeri Menes ( Sekarang SMPN 1 Menes ) yang waktu itu dikepalai oleh Bpk. Iskandar, Dan untuk mengelola SMP Saketi diserahkan kepada Wakil Kepala SMPN Menes yaitu Bpk. Abas Rifa’i sebagai Pelaksana Harian Kepala Sekolah.

Melalui usaha yang keras dari para tokoh masyarakat, tokoh pendidikan ,para orang tua siswa dan masyarakat Saketi dalam memperjuangkan berdirinya Sekolah Lanjutan secara mandiri di Saketi, akhirnya membuahkan hasil yaitu dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa barat  Kandepdikbud Pandeglang untuk berdirinya SMP Negeri Saketi dan diangkatlah Bpk. Abas Rifa’i (Alm ) sebagai kepala Sekolah depinitif dan Bpk, Rais Suprihatna (Alm) sebagai wakil kepala sekolah yang sekaligus sebagai pengelola harian di SMPN Saketi.

Bangunan yang ditempati waktu itu baik untuk Proses Belajar Mengajar maupun Kantor Guru dan Kepala Sekolah adalah bangunan swadya hasil usaha keras seluruh masyarakat termasuk para siswa sekolah.
Beberapa tahun kemudian seiring bertambahnya jumlah peserta didik yang melanjutkan ke SMP Negeri Saketi maka pemerintah mulai membangun beberapa lokal ruangan belajar, kemudian ruangan guru dan Labratorium IPA.dan Seiring kebijakan pemerintah mengenai istilah sekolah lanjutan tingkat pertama SMPN Saketi  juga berubah menjadi SLTPN Saketi dan setelah berdiri SMP Negeri lain maka SMPN Saketi ini ditetapkan menjadi SMP Negeri 1 Saketi.

Sejak berdirinya hingga sekarang SMPN 1 Saketi telah mengalami 10 ( sepuluh ) kali pergantian kepemimpinan Kepala Sekolah yakni ;

1.Bpk. Iskandar ( Alm)  yang menjadi Kepala SMPN Menes waktu itu,
2.Bpk. Abas Rifa’i (Alm)  sebagai Kepala Sekolah pertama,
3.Bpk. Kurnaedi (Alm.),
4.Bpk. Aye Karsah ( Alm.),
5.Bpk. Nani Winarta Siswanto (Alm.)
6.Bpk. Maman Jueni (Alm.),
7.Bpk, Budi Santoso ,
8.Bpk Drs. Rd. Jamhari,
9.Ibu Dra, Ai Uniati, M. Pd.  dan sekarang dipimpin oleh
10.Bpk Drs. Bambang Taryono

Untuk pengerjaan Administrasi di SMPN 1 Saketi dilakukan oleh Staf tata usaha sebagai tenaga kependidikan yang dipimpin oleh seorang Kepala Urusan tata Usaha, yang telah mengalami 2 kali pergantian Kaur tata Usaha  dan kini dijabat oleh Ibu Dra Hj. Esih Sutarsih.

Pawa awal berdirinya guru para pengajar di SMPN 1 Saketi banyak didominasi oleh guru yang didatangkan dari luar Kabupaten Pandegang Banten terutama dari Priangan Jawa Barat seperti, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Garut dan Jawa Tengah serta Jogjakarta, namun sebagian  dari mereka telah mutasi kembali ke kampung halamannya dan kini guru pengajar yang ada sudah banyak dari putera daerah Pandeglang meskipun masih ada yang dari luar daerah seperti Bandung, Cianjur, Tasikmalaya, Ciamis, Garut.Sukabumi, Solo, Surabaya bahkan dari Padang Sumatera Barat tetapi mereka kebanyakan telah berdomisili dan menjadi penduduk Saketi dan Pandeglang.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang sejarah berdirinya SMPN 1 Saketi Pandeglang. Semoga dengan adanya informasi ini bisa memberikan harapan terbaik bagi masyarakat yang sedang membutuhkan amin,,.

0 komentar:

Posting Komentar